Kerja Praktik Hari Pertama

Hello, Gais. Kali ini ini aku bakal cerita hari pertama kerja praktik di PT Pupuk Kujang yaitu pada Senin, 2 Juli 2018. PT Pupuk Kujang merupakan salah satu holding Pupuk Indonesia. Kalo temen2 pernah liat naruto shippuden, holding itu semacam aliansi. Nah apa aja sih negara2 yang jadi aliansi pupuk indonesia. Berikut gambar "aliansi" holding company PT Pupuk Indonesia.

(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_Indonesia_Holding_Company#Struktur_anak_perusahaan_PIHC )

Selain itu, PT Pupuk Kujang merupakan Badan Usaha Milik Negara(BUMN). Langsung ganti topik ke hari pertama kerja praktik yaw. Selanjutnya, untuk mempermudah penjelasan Kerja Praktik bakal aku singkat jadi KP ya. 

Aku KP di Kujang bersama ketiga temenku, sebut saja mereka Aswad Tanjung Si Anak Minang, David Wahyu Permadi dan Rizky Gilang Kurniawan Duo Anak Jember. Hari pertama kami habiskan dengan administrasi dan bertemu dengan pembimbing lapangan. 
Pertama kami menghadap satpam untuk mendapatkan badge visitor, setelah itu ke gedung pendidikan dan latihan untuk mendapatkan surat2 yang dibutuhkan untuk administrasi selanjutnya dan untuk observasi dengan melampirkan surat LoA(Letter of Agreement) yang didapatkan dari program studi. 

Setelah mendapatkan surat2 yang diperlukan, kami menuju bagian GM produksi untuk mendapatkan tanda tangan persetujuan Kerja Praktik. Kemudian kami menuju biro pengamanan untuk menukarkan badge visitor  dengan badge Kerja Praktik. Berikut merupakan penampakan badge Kerja Praktik pupuk Kujang.



Merah berarti berani. eh, ups. Terdapat tiga kategori warna: merah berarti dapat memasuki area pabrik dan perkantoran; hijau berarti area perkantoran; dan kuning berarti area pabrik. Kalo ngga salah yaw. hehe. Karena aku dari Teknik Kimia, which is, yang kerjanya itu berkaitan dengan pabrik(dan mungkin bisa merambah ke administrasi perkantoran) maka dapet warna merah, berani. Berani masuk kantor dan berani masuk pabrik. Eak. 

Setelah dapet badge itu, nunggu sampe jam 2 buat pemaparan safety induction di gedung K3LH(Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan Hidup). K3LH itu cem-cem K3G sama K3L lah. Intinya tentang keamanan. Di situ dipaparkan.... ya materi tentang safety yang you dont say. Maksudnya, "tanpa kamu kasih tau aku juga udah tau kelez". Namun, ya itu emang tugas dari safety induction, karena manusia emang secara lahir pelupa sehingga perlu selalu diingatkan(walau materinya emang you dont say banget sih). Setelah ikut pemaparan safety bakal dikasih tanda sebagai berikut.




Setelah safety induction kemudian ke pabrik untuk menemui dosen pembimbing yang kantornya ada di dalam kawasan pabrik.  Untuk masuk kawasan pabrik, WAJIB memakai alat safety: safety googles, air plug/muff, sepatu safety, dan helm safety(punya kami warna hijau), dan memakai baju lengan panjang. Ketika memasuki kawasan pabrik: dilarang membawa tas, hanya boleh membawa totebag, dilarang membawa mobile phone, hanya boleh membawa laptop. 

Karena kebetulan pembimbing kami(Aku dan Rizky), Bapak Iswahyudi, lagi dinas di luar kota, jadi kami hanya bisa masuk pabrik dan liat-liat area kerja di situ(belum plant visit). Kemudian setelah itu kami pulang ke kos.

Nah begitu gais hari pertama kerja praktikku. Pokok belum kerasa deh karena belum observasi dan plant visit. See you next time.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Reaksi Elektrolisis

Tuladha geguritan kalian gancaranipun "Jagoku"

Contoh Cerpen "Tanpa Orang Tua" oleh Hasbi Dewantara