Map of Hell (La Mappa del'Inferno) by Boticelli

Kali ini saya akan membagikan lukisan karya Sandro Boticelli,seorang seniman Italia yang hidup  pada masa Renaisans. Judul lukisannya yaitu "La Mappa del'Inferno" bahasa Sunda-nya(baca:Inggris) yaitu Map of Hell. Artikel ini semata-mata bukan untuk menyebarkan kepercayaan tentang 'bagaimana peta neraka', tetapi sebagai penghargaan kepada seniman-seniman klasik yang karyanya masih melegenda samapai sekarang. Penulis juga terinspirasi dari novel karya Dan Brown berjudul "Inferno". Recommended bagi pecinta novel untuk baca novel karya Dan Brown.

Ini lukisannya
 Keren kan! Hehe. Map of Hell ini menceritakan tentang sepuluh tingkatan pendosa yang akan masuk neraka. Dari atas ke bawah yaitu : para penggoda yang dicambuki oleh iblis, para penjilat yang mengapung dalam kotoran manusia, para lintah darat yang setengah terkubur dalam keadaan terbalik, para penyihir dengan kepala berputar ke belakang, para polisi korup dalam aspalmendidih,para munafik yang mengenakan jubah timah berat, para pencuri yang digigit ular, para penasihat palsu yang dilalapapi, para penyebar perselisihan yang dicincang oleh iblis, para pendusta berpenyakit yang tidak bisa dikenali. (source : Inferno by Dan Brown).Berikut adalah uraian singkat yang penulis kutip dari http://saladbowldetrois.com
        Map of Hell karya Botticelli ini digambarkan sebagai irisan-melintang di bumu denga lubang besar berbentuk corong yang kedalamannya tak terhingga. Lubang neraka ini dibagi menjadi teras-teras menurun dengan penderitaan yang semakin hebat. Setiap tingkat dihuni oleh masing-masing jenis pendosa yang tersiksa.
        Adapun tingkatan dosa itu diambil dari mnemonik Latin yang diciptakan oleh Vatikan pada Abad Pertengahan untuk mengingatkan umat Kristiani pada Tujuh Dosa Besar. Disingkat dengan nama SALIGIA yang berarti Superbia (kesombongan), Avaritia (keserakahan), Luxuria (hawa nafsu), Invidia (kecemburuan), Gula (kerakusan), Ira (kemarahan) dan Acedia (kemalasan).
      Gimana? Mungkin sebagian dari pembaca mbatin"Apaan sih lukisan kaya gitu?" Ya, itu interpretasi kita masing-masing. Ini adalah era kebebasan berpendapat. Sekian uraian lukisan "La Mappa del'Inferno " semoga kita selalu menjadi oran gyang mencintai seni. Sampai jumpa lagi.


Quotes:#maaf ngga nyambung        
"All our dreams can come true, if we hace courage to pursue them" - Walt Disney -

Komentar

  1. hola...
    saya sendiri pernah menamatkan infernonya Dan Brown saat akhir SMP dulu
    dan seingat saya, sepuluh tingkatan yang anda sebutkan tersebut adalah sepuluh tingkatan parit dalam malebolge bukan?
    dalam map of hell sendiri seingat saya ada sembilan lingkaran neraka

    BalasHapus
  2. ini memang ada ya petanya,, memang ada di museum gitu ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa komen ya.

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Reaksi Elektrolisis

Tuladha geguritan kalian gancaranipun "Jagoku"

Contoh Cerpen "Tanpa Orang Tua" oleh Hasbi Dewantara