Nama : Indah Yulia Maulida
NIM : 111911133081
Kelas : A-1
Halo, 2021!
Tahun
baru merupakan momentum bagi banyak orang agar menjadi lebih baik dari
sebelumnya. Bentuknya beragam, mulai dari niat memperbaiki diri hingga
memimpikan cita-cita, serta harapan kedepannya. Perkenalkan, saya Indah Yulia
Maulida merupakan satu dari triliyunan orang di bumi yang juga memiliki mimpi
dan harapan.
Metode Appreciative Inquiry
Melalui
metode appreciative Inquiry ini, kita
dapat mengetahui apa kekuatan yang dimiliki serta bagaimana cara membangun
impian dengan disertai dukungan dari berbagai pihak dengan 4D, yakni Discovery, Dream, Design dan Destiny
·
Discovery
Saat
SMA, saya adalah anak IPA yang begitu tertarik mempelajari segala hal mengenai
manusia. Berawal dari mempelajari betapa rumitnya sistem saraf & otot
manusia, berlanjut hingga tertarik pada kepribadian
manusia. Saya mulai mempertanyakan tentang siapakah diri ini dan. mengapa
manusia adalah makhluk yang sangat unik jika dibandingkan dengan makhluk
lainnya. Saya juga orang yang suka membaca buku sejak kecil. Sayapun mulai
membeli berbagai buku mengenai kepribadian manusia dan berharap menemukan
jawabannya sedikit demi sedikit. Saat itu,saya menemukan buku yang terdapat tes
MBTI di dalamnya, dan hasilnya saya adalah seorang INFP. Memang, hasil tes ini bisa
berganti namun saat mendapat materi ini kembali pada mata kuliah Pengembangan
Diri, saya kembali mendapat INFP.
Pengertian
orang INFP biasanya akan unggul dalam bidang yang berkaitan dengan manusia. Hal
tersebut seperti mengajar, riset, konseling, seni, , literature, sains, maupun
psikologi. INFP dikatakan memiliki bakat dalam bidang literature yang biasanya
ditunjukkan dengan kombinasi intuisi dan perasaan (NF). Intuisi dalam INFP
berupa pengetahuan dan imajinasi, serta perasaan yang membuat seseorang membagikan
dan mengutarakan pemikirannya. INFP juga dikenal sangat penyendiri sehingga untuk
mengungkapkan perasaannya, mereka akan menuliskan melalui tulisan tanpa harus bertemu
langsung dengan orang lain
Saya
bertekad untuk lebih semangat serta rela mempelajari materi IPS demi lintas
jurusan untuk mencapai impian, dan melakukan perubahan pengembangan diri saya.
Selama ini, proses belajar yang membuat saya semakin mengenali potensi yang
saya miliki.
Lalu,
berdasarkan analisis Johari Windows ada hal-hal yang harus saya ubah. Perubahan
positif yang saya harapkan dari diri saya misalnya lebih percaya diri dan lebih
semangat dalam mengejar impian.
·
Dream
Semua
orang pasti ingin menjadi seorang yang berguna. Oleh karena itu, saya memilih menjadi
seorang psikolog merupakan impian saya. Saya sangat tertarik membahas mengenai
psikolog anak karena anak adalah aset dan masa depan bangsa. Saya memiliki
impian dapat membangun sekolah untuk anak usia dini yang bisa mengembangkan
potensi anak tidak hanya dalam segi intelektual namun juga kemampuan sosialnya.
Tak hanya itu, saya juga bercita-cita menjadi seorang dosen. Mengajar merupakan
impian saya sejak kecil.
·
Design
Perilaku
asertif adalah perilaku interpersonal yang berusaha untuk tidak menyakiti orang
lain disertai adanya keterbukaan pada pikiran dan perasaan
Saya
juga akan merancang agenda perubahan dengan target saya lebih bersemangat dan
tidak terlalu bermalas-malasan. Kebiasaan menunda-nunda juga saya harap dapat
dapat dikurangi menggunakan sistem deadline yang saya tetapkan sendiri pada
awal waktu. Selain itu, saya juga ingin mengembangkan soft skill demi
pengembangan diri seperti meningkatkan kemampuan bahasa asing dan mulai
mempelajari bidang editing. Lalu,
saya juga ingin kembali rajin membaca. Membaca merupakan kegiatan yang saya
gemari saat SMP-SMA, namun saat kuliah sudah sangat berkurang. Oleh karena itu,
saya ingin merancang beberapa agenda perubahan pada diri saya.
·
Destiny
Saya
berharap apa yang saya usahakan merupakan awal yang baik untuk kedepannya.
Masalah atau hambatan pasti ada, karenanya saya harus optimis.
Referensi
Cooperrider, D., & Whitney, D. D. (2005). Appreciative
inquiry: A positive revolution in change. San Fransisco: Berrett-Koehler
Publishers.
Myers, P. B., &
Myers, I. B. (1995). Gifts Differing: Understanding Personality Type.
California: DaviesBlack Publishing.
Sriyanto, Abdulkarim,
A., Zainul, A., & Enok . (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan
Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal
Psikologi, 74-88.
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa komen ya.