Nama               : Indah Yulia Maulida

NIM                : 111911133081

Kelas               : A-1

 

Halo, 2021!

Tahun baru merupakan momentum bagi banyak orang agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bentuknya beragam, mulai dari niat memperbaiki diri hingga memimpikan cita-cita, serta harapan kedepannya. Perkenalkan, saya Indah Yulia Maulida merupakan satu dari triliyunan orang di bumi yang juga memiliki mimpi dan harapan.

Metode Appreciative Inquiry

Melalui metode appreciative Inquiry ini, kita dapat mengetahui apa kekuatan yang dimiliki serta bagaimana cara membangun impian dengan disertai dukungan dari berbagai pihak dengan 4D, yakni Discovery, Dream, Design dan Destiny (Cooperrider & Whitney, 2005). Materi ini membantu saya lebih yakin dengan diri saya sendiri terutama pilihan yang saya ambil yakni memilih jurusan psikologi

·         Discovery

Saat SMA, saya adalah anak IPA yang begitu tertarik mempelajari segala hal mengenai manusia. Berawal dari mempelajari betapa rumitnya sistem saraf & otot manusia, berlanjut hingga  tertarik pada kepribadian manusia. Saya mulai mempertanyakan tentang siapakah diri ini dan. mengapa manusia adalah makhluk yang sangat unik jika dibandingkan dengan makhluk lainnya. Saya juga orang yang suka membaca buku sejak kecil. Sayapun mulai membeli berbagai buku mengenai kepribadian manusia dan berharap menemukan jawabannya sedikit demi sedikit. Saat itu,saya menemukan buku yang terdapat tes MBTI di dalamnya, dan hasilnya saya adalah seorang INFP. Memang, hasil tes ini bisa berganti namun saat mendapat materi ini kembali pada mata kuliah Pengembangan Diri, saya kembali mendapat INFP.

Pengertian orang INFP biasanya akan unggul dalam bidang yang berkaitan dengan manusia. Hal tersebut seperti mengajar, riset, konseling, seni, , literature, sains, maupun psikologi. INFP dikatakan memiliki bakat dalam bidang literature yang biasanya ditunjukkan dengan kombinasi intuisi dan perasaan (NF). Intuisi dalam INFP berupa pengetahuan dan imajinasi, serta perasaan yang membuat seseorang membagikan dan mengutarakan pemikirannya. INFP juga dikenal sangat penyendiri sehingga untuk mengungkapkan perasaannya, mereka akan menuliskan melalui tulisan tanpa harus bertemu langsung dengan orang lain (Myers & Myers, 1995). Hal inilah yang mendorong semangat saya dalam mempelajari psikologi. Salah satu rekomendasi INFP adalah menjadi psikolog. Oleh karena itu, saya menemukan apa yang saya inginkan.

Saya bertekad untuk lebih semangat serta rela mempelajari materi IPS demi lintas jurusan untuk mencapai impian, dan melakukan perubahan pengembangan diri saya. Selama ini, proses belajar yang membuat saya semakin mengenali potensi yang saya miliki.

Lalu, berdasarkan analisis Johari Windows ada  hal-hal yang harus saya ubah. Perubahan positif yang saya harapkan dari diri saya misalnya lebih percaya diri dan lebih semangat dalam mengejar impian.

·         Dream

Semua orang pasti ingin menjadi seorang yang berguna. Oleh karena itu, saya memilih menjadi seorang psikolog merupakan impian saya. Saya sangat tertarik membahas mengenai psikolog anak karena anak adalah aset dan masa depan bangsa. Saya memiliki impian dapat membangun sekolah untuk anak usia dini yang bisa mengembangkan potensi anak tidak hanya dalam segi intelektual namun juga kemampuan sosialnya. Tak hanya itu, saya juga bercita-cita menjadi seorang dosen. Mengajar merupakan impian saya sejak kecil.  

·         Design

Perilaku asertif adalah perilaku interpersonal yang berusaha untuk tidak menyakiti orang lain disertai adanya keterbukaan pada pikiran dan perasaan (Sriyanto, Abdulkarim, Zainul, & Enok , 2014). Saya termasuk tipe orang yang akan berusaha menyampaikan sesuatu tanpa menyakiti perasaan orang tersebut. Saya tetap melibatkan orang lain namun juga tetap mempertahankan kepercayaan saya.

Saya juga akan merancang agenda perubahan dengan target saya lebih bersemangat dan tidak terlalu bermalas-malasan. Kebiasaan menunda-nunda juga saya harap dapat dapat dikurangi menggunakan sistem deadline yang saya tetapkan sendiri pada awal waktu. Selain itu, saya juga ingin mengembangkan soft skill demi pengembangan diri seperti meningkatkan kemampuan bahasa asing dan mulai mempelajari bidang editing. Lalu, saya juga ingin kembali rajin membaca. Membaca merupakan kegiatan yang saya gemari saat SMP-SMA, namun saat kuliah sudah sangat berkurang. Oleh karena itu, saya ingin merancang beberapa agenda perubahan pada diri saya.

·         Destiny

Saya berharap apa yang saya usahakan merupakan awal yang baik untuk kedepannya. Masalah atau hambatan pasti ada, karenanya saya harus optimis.

Referensi

 

Cooperrider, D., & Whitney, D. D. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers.

Myers, P. B., & Myers, I. B. (1995). Gifts Differing: Understanding Personality Type. California: DaviesBlack Publishing.

Sriyanto, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Enok . (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 74-88.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Reaksi Elektrolisis

Tuladha geguritan kalian gancaranipun "Jagoku"

Contoh Cerpen "Tanpa Orang Tua" oleh Hasbi Dewantara