Peran Insinyur Teknik Kimia

https://himatekkimunlam.files.wordpress.com/2012/04/chemical-enginering.jpg

Review PPAB Himatek Selasa, 9 Agustus 2016

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis ingin memaparkan peran insinyur teknik kimia berdasarkan pemateri pada PPAB Himatek. Pengin tahu, check it out.

Pembicara pertama adalah Nur Sayyidah Ainun Jahsy. Beliau merupakan alumni Teknik Kimia yang sekarang mulai merintis pabrik tekstilnya, walalupun masih dalam skala kecil. Kak Ainun menjelaskan tentang perbedaan antara kimia dengan teknik kimia. Sarjana kimia lebih fokus bagaimana “resep” suatu produk kimia, sedangkan sarjana teknik kimia tinggal mengaplikasikan “resep” tersebut untuk diproduksi dalam skala yang besar.
Beliau juga menerangkan bagaimana kerennya menjadi sarjana teknik kimia yaitu mahasiswa teknik kimia yang mempelajari banyak bidang, gaji sarjana teknik kimia yang besar, dan berpotensi sebagai multikarir. Beliau juga menerangkan cara mendapatkan uang ada empat : menjadi pekerja, pengusaha, wirausaha, dan investor. Sebagian besar orang di dunia bekerja sebagai pekerja dan wirausaha (kurang lebih 90%) tetapi memegang 10% dari uang dunia. Sekitar 10%-nya bekerja sebagai pengusaha dan investor tetapi memegang 90% uang di dunia ini.
Untuk menjadi sukses, Kak Nursayyidah mengataka bahwa syaratnya adalah Dream Big dan Make Yorself Worth for Your Dream.
Pembicara yang kedua adalah Adri Kristian. Beliau sekarang bekerja di PT. Pasadena Indonesia, PT yang didirikan oleh satu angkatan sarjana Tekniki Kimia ITB. Beliau menjelaskan bahwa pabrik kimia berbeda dengan pabrik manufaktur. Pabrik manufaktur hanya menambahkan sedikit nilai tamba, sedangkan pabrik kimia(pabrik yang dikelola oleh sarjana teknik kimia) adalah pabrik yang mebghasilkan produk dengan nilai tambah yang  besar.
Adapun kerjaaan sarjana teknik kimia yang dijelaskan beliau : Pretreatment, Reactor, Pemurnian, Penukar Panas, Perpisahan, {enggerak, Compressor, Penyediaan air, Storage, Control Room.
Tugas Insinyur kImia :
1.       Perancangan
2.       Operasi
3.       Regulasi -> menjadi penentu kebijakan/pemerintah
Pekerjaan yang dapat digeluti saat menjadi sarjana teknik kimia adalah project owner, kontraktor, vendor, operator & maintenance(kebanyakan sarjana teknik kimia di sini), Investor, Technology Licenser, Konsultan Pengawas + Perencana, dan Manajemene konstruksi.

Picture Sources : himatekkimunlam.files.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Reaksi Elektrolisis

Tuladha geguritan kalian gancaranipun "Jagoku"

Contoh Cerpen "Tanpa Orang Tua" oleh Hasbi Dewantara